Es Batu Air Mentah dan Air Matang

Ulasan Lengkap Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah

Tulisan ini akan mengupas tuntas perbedaan es batu dari air mentah dan air matang, dari perizinan pabrik es batu (balok), distribusi es batu di masyarakat, hingga potensi bahaya es batu air mentah serta mengapa masyarakat Indonesia perlu diedukasi agar tidak mengkonsumsi jajanan es sembarangan.

Tulisan ini dibuat karena tergelitik atas sebuah postingan yang di-share di facebook dari sebuah portal berita online sayangi.com yang menulis tentang cara membedakan es batu air matang dan mentah dari aspek warna es batu. Berhubung gw baru pulang jalan-jalan mengelilingi tempat wisata di Jogja, maka pikiran gw lagi fresh banget.  Nahh, gw tergelitik karena komentar-komentar facebooker di postingan itu menunjukkan silang pendapat. Wajar sih, karena postingan portal tadi tidak menyertai dukungan material ilmiah, atau apalah namanya yg intinya tidak menyertai sumber resmi dari hasil riset atau penelitian formal. Ternyata, agak sulit juga ya mencari sumber referensi formal yang mengupas tentang ciri es batu air mentah, atau apa sih yang membuat perbedaan antara es batu air matang dan air mentah tersebut.

Dalam hemat gw, yang jauh lebih penting lagi dalam bahasan tentang es batu air matang dan air mentah itu adalah kesehatan! Ya, setiap orang ingin sehat. Men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat!

Cara Membedakan Es Batu Air Matang dan Mentah

Lalu bagaimana cara membedakan es batu air matang dan air mentah itu? Mudah saja, mulailah dari menjawab apa itu pabrik es batu (es balok) dan bagaimana es batu yang dihasilkan pabrik es tersebut. Simpel bukan?? Dengan menelusuri asal muasal es batu itu, maka akan kita ketahui tentang air mentah atau matang, bahkan berasal dari mana bahan air dalam pembuatan es batu tersebut.

Konteksnya di sini adalah jajanan minuman dan makanan yang menggunakan bongkahan es batu. Mengapa? Karena kebanyakan penjual makanan dan minuman di jalanan dan resto-resto membeli balok-balok es dari pabrik es tersebut. Kamu yakin ada banyak penjual yang menjajakannya dagangannya dengan es batu yang dibuatnya sendiri di rumah?

Bagaimana es batu yang beredar di Indonesia?
Tim Investigasi TransTV  mengambil sampel secara acak di beberapa penjual yang menggunakan es batu pada aneka minuman, dan kemudian mengetesnya di laboratorium, terbukti dalam es itu mengandung bakteri E-Coli jauh diatas batas normal (10.000 – 20.000 per 100 mL).

Guys, lihat video investigasi TransTV tersebut di bawah ini, bahaya es batu dari air mentah sungguh mengerikan jika dikonsumsi.

Es batu bahkan lebih kotor dari air toilet. Wowww, percaya tidak? Dilansir dari International Business Times, es batu memiliki kandungan E-coli lebih tinggi dibandingkan dengan air toilet. Baca di sini

Es batu di restoran cepat saji China bahkan lebih kotor dari air toilet. Nih baca lagi biar lengkap di sini

Pabrik Es Batu
Adakah prosedur perizinan untuk pendirian es batu ini dari pemerintah? Jawabannya iya, krn badan usaha harus punya izin. Perizinan pabrik es batu (balok) itu ditujukan bagi pemanfaatan es batu dalam pengawetan bahan makanan (ikan, sayuran, buah-buahan) serta untuk mendinginkan aneka minuman botol dalam box yang tidak memilik sistem pendingin.

pabrik es dari air mentah dan air matang

Izin pendirian pabrik es batu tidak pernah diberikan kepada siapapun dengan tujuan sebagai barang konsumsi. Inilah sebabnya mengapa usaha-usaha pabrik es batu tidak perlu mendapatkan izin Badan POM Indonesia. Karena ya itu tadi, bukan untuk barang konsumsi! Lihat di sini.

Pabrik es batu tidak mungkin menggunakan bahan dari air matang, apalagi menggunakan air mineral. Karena akan menambah biaya produksi yang sangat tinggi dan tidak klop dengan harga jualnya. Bahkan menggunakan air PDAM pun masih belum impas. Lalu darimana sumber air untuk bahan baku es batu yang biasa kita minum di sembarang tempat tersebut??

Untuk mendapatkan laba yang lebih besar, pihak pabrik menggunakan air sungai. Kita tahu sendirilah, sungai adalah surganya kotoran manusia, hewan, sampah, bangkai, dan sebagainya. Pabrik yang lokasinya jauh dari sungai akan menggunakan bahan dari air sumur yang mereka gali di area pabrik tersebut. Masalahnya, jika sumur yang digali tadi ternyata berada dalam kawasan yang telah padat penduduk, maka kualitas air sumur tersebut ya tidak akan jauh beda dengan air sungai tadi. Agar menjadi kelihatan putih bersih, maka pabrik menambahkan kaporit (pemutih) ke dalam air dan selanjutnya dimasukkan ke dalam pendingin. Hasil akhirnya, jadilah es batu yang putih nan bersih. Es batu ini selanjutnya dimanfaatkan utk keperluan pengawetan bahan makanan (ikan, sayuran, buahan) dan mendinginkan aneka minuman botol dalam box yang tidak memiliki sistem pendingin.

Kabar buruknya di sini, banyak pihak kemudian menggunakan es batu (es balok) ini untuk keperluan usahanya demi meraup laba. Dimulai dari penjaja makanan dan minuman di pinggir-pinggir jalan hingga ke resto-resto. Variasi produknya misalnya, es teh manis, es degan, es juice, es doger, dan lain-lain. Tambah parah lagi, ternyata banyak orang tidak menyadari jika es batu yang digunakan dalam minuman tersebut adalah es batu yang dihasilkan dari pabrik es yang disebutkan di atas.

Tahukah kamu, Indonesia tercinta ini hampir sama dengan China soal es batu air mentah. Laporan terbaru yang dirilis Nasional Business Daily menyatakan, sebanyak 80 persen dari es batu yang dijual sejumlah toko dan restoran yang ada di kota Beijing, ternyata berasal dari pabrik ilegal. Hal ini masih jauh dari standar kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Cek beritanya di sini

Bedanya, di China pabrik es batu itu harus legal karena digunakan juga utk konsumsi. Sementara di Indonesia, bukan ditujukan utk konsumsi tetapi disalahgunakan.

Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah

Gw kira gak gw usah lagilah menulis tentang ciri-ciri yang membedakan es batu air mentah dan air matang dari aspek warna es. Mengapa? Karena sudah banyak yang menuliskannya.

Postingan gw cuma ingin menjawab bagaiamana cara membedakan es batu air mentah dan air matang ditinjau dari hulu, yakni sumber atau asal es batu yang kita perbincangkan di atas. Jika hilir itu ada, maka pasti ada hulunya bukan?

Bahaya Es Batu Air Mentah

Sudah tahu apa bahaya es batu dari air mentah?? Coba baca yang ini.

1. Penyakit Hepatitis A
Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita; biasanya melalui makanan (fecal – oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah. Sumber dari sini.

Salah satu penyebab penyakit ini adalah air mentah. Lihat di sini

Untuk mencegah terkena penyakit hepatitis A ini adalah dengan mengkonsumsi air matang, termasuk makanan dan minuman yang menggunakan air matang. Baca di sini

2. Anak langsung demam, muntah, diare, typhus dan gejalanya, atau tidak bisa buang air besar yang disertai demam tinggi
Baca di sini

Guys, apakah kamu masih ingin mengkonsumsi es batu dari air mentah? Kalo yang membaca blog ini adalah seorang dewasa, gw cuma mau ingetin satu hal. Kasihani anak-anak (utk yang udah punya anak), cegah mereka membeli jajanan es sembarangan. Sebab, anak-anaklah yang paling sering menjadi korban dari es batu air mentah ini.

Salam hidup sehat!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s